Senin, 21 Mei 2012

Tips Belajar Matematika Dengan Mudah


Berita kota (21/5/2012)

Belajar matematika itu sulit . Begitu anggapan sebagian besar siswa. Karena itu, sebagian siswa melihat pelajaran matematika sebagai momok yang menakutkan. Apalagi bila ukuran nilai yang keberhasilannya dilihat dari nilai yang didapatkan dari ulangan dan ujian. Siswa yang selalu mendapatkan nilai rendah akan trauma bila berhadapan dengan pelajaran ini.

Apakah memang belajar matematika itu sulit ? sebenarnya tidak juga. Profesor Yohanes Surya, pakar matematika yang sering mengantar pelajar Indonesia meraih prestasi internasional di bidang eksata, membantah hal itu. Menurut Profesor Yohanes Surya, ketakutan akan pelajaran matematika bukan disebabkan oleh karena pelajaran itu benar-benar sulit, tetapi karena faktor eksternal seperti stigma (ciri negatif yang menempel pada pribadi seseorang karena pengaruh lingkungannya) bshwa pelajaran matematika itu sulit, metode pengajaran guru yangtepat, sikap guru yang tidak kooperatif dalam mengajar, dan masih banyak yang lainnya.
Untuk mengatasi sulitnya belajar matematika, ketekunan dan kemauan untuk belajar adalah kata kuncinya. Selain itu, kerjasama antara guru dan siswa tentu saja mutlak diperlukan untuk memahami soal-soal yang rumit dalam matematika. Guru harus lebih kreatif dalam mencari metode yang paling tepat untuk menjelaskan apa yang dimaksudkan dalam buku-buku pelajaran.

Agar belajar matematika itu menjadi sesuatu yang mudah,berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan seperti dikutip dari anekanews.com:
  1. Banyak berlatih dengan menggunakan soal yang berlainan secara rutin. Metode ini akan menciptakan pemahaman yang tepat pada sebuah materi pelajaran
  2. Bertanya kepada guru atau teman lain apabila belum memahami sebuah materi. Dengan bertanya kita bisa menghindari kesalahan dalam memahami rumus dan soal.
  3. Membuat tulisan pada kertas tentang materi matematika dan menempelkannya ditempat yang mudah terlihat. Dengan demikian, kita akan hafal sebuah materi seperti rumus tanpa perlu menghafalkannya.
  4. Belajar bersama.Dengan belajar berkelompok, kita bisa berdiskusi dengan teman-teman mengenai soal yang sulit serta menghilangkan kejenuhan belajar , tapi harus serius belajar kelompoknya, jangan cuma main-main atau bercanda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar